Taman Nasional Karimun Jawa (Jepara)
Travelling

3 Rekomendasi Tempat Wisata di Jawa Tengah

Jawa Tengah ialah salah satu provinsi di Indonesia yang dianugerahi dengan begitu banyak keistimewaan. Tidak hanya kaya akan budaya serta adat istiadat, provinsi yang berbatasan langsung dengan Jawa Barat, Jawa Timur, dan Wilayah Istimewa Yogyakarta ini pula memiliki bentang alam yang mempesona.

Tempat wisata di Jawa Tengah  yang wajib dikunjungi 

Terdapat begitu banyak tempat wisata menarik di Jawa Tengah yang senantiasa ramai didatangi turis, paling utama kala masa liburan serta akhir pekan.

Nah, buat Anda yang lagi merancang piknik dalam waktu dekat, tempat wisata di Jawa Tengah berikut bisa jadi pilihan untuk dikunjungi bersama kawan ataupun keluarga.

  • Candi Borobudur (Magelang)

Ikon wisata sangat populer di Jawa Tengah merupakan Candi Borobudur yang terletak di Magelang, tepatnya 40 kilometer arah barat laut Yogyakarta. Tempat wisata di Jawa Tengah ini ialah salah satu Candi Budha terbesar di dunia..

Tidak hanya menggambarkan candi Buddha terbesar di dunia yang sarat akan nilai sejarah, Borobudur pula didapuk sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia. Di lingkungan Candi Borobudur sendiri ada 1.460 relief serta 504 stupa yang sampai saat ini masih terpelihara keasliannya.

Buat dapat menikmati jejak sejarah yang sangat mempesona ini, wisatawan akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp15.000 (turis dalam negeri) serta USD20 buat turis mancanegara. Murah, kan?

  • Candi Prambanan (Klaten)

Masih tentang objek wisata sejarah. Kali ini terdapat Candi Prambanan yang terletak di Klaten, tepatnya di daerah perbatasan Jawa Tengah serta Yogyakarta. Anda pasti tidak asing kan dengan legenda Roro Jonggrang yang meminta Bandung Bondowoso membangun 1.000 candi dalam satu malam? Ya, Prambanan- lah jawabannya.

Kala berkunjung ke tempat wisata di Jawa Tengah ini, Anda tidak cuma hendak disuguhi dengan jejak sejarah yang eksotis, tetapi pula hijaunya pepohonan yang berkembang di dekat area candi. Karena terletak di perbatasan, candi ini dikelola atas kerja sama antara DIY serta Jawa Tengah.

Candi Prambanan ialah komplek candi Hindu terbesar di Indonesia sempat mengalami beberapa kali pemugaran, utamanya setelah insiden gempa Jogja pada tahun 2006 silam. Walaupun begitu, keaslian candi tetap dipertahankan.

  • Taman Nasional Karimun Jawa (Jepara)

Siapa yang tidak sempat mendengar keeksotisan surga dasar laut Karimun Jawa? Tempat wisata di Jawa Tengah bagian utara ini apalagi sukses menarik atensi turis mancanegara karena keindahannya bisa disandingkan dengan Bali!

Taman Nasional Karimun Jawa sendiri sesungguhnya ialah suatu cagar alam laut yang dilindungi Dinas Pariwisata setempat. Tidak cuma mempunyai garis tepi laut yang indah, tempat wisata ini pula memiliki kekayaan laut yang begitu luar biasa, mulai dari ikan, terumbu karang, serta yang yang lain.

Terletak dekat 83 kilometer arah barat laut Jepara, Anda bisa melakukan bermacam- macam kegiatan yang seru serta mengasyikkan, misalnya menyelam, berenang, memancing, snorkeling, ataupun semata- mata bermain pasir di pantai. Tidak cuma itu, Anda pula hendak terbuat betah dengan keramahan penduduk setempat.

Anda pasti tidak mau melupakan objek wisata yang disebut- sebut mempunyai spot diving terindah di Indonesia ini, bukan?

Selain 3 tempat wisata diatas sebenarnya masih ada banyak tempat wisata menarik di Jawa Tengah, beberapa obyek wisata alam di Jawa tengah memang masih cukup sulit akses jalannya.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena sekarang ada layanan sewa mobil via online dengan mengenakan TRAC. Anda bisa reservasi melalui website resmi maupun aplikasi TRAC to GO bagi pengguna Android maupun iOS.