Tips Perawatan Motor agar Tetap Prima di Musim Hujan
Lifestyle

4 Tips Perawatan Motor agar Tetap Prima di Musim Hujan

Saat ini banyak daerah di Indonesia yang mulai mengalami musim penghujan. Bagi Anda yang menggunakan motor sebagai transportasi sehari-hari, musim hujan seperti ini tentu menyulitkan. Jika tidak melakukan perawatan khusus, bisa-bisa motor Anda mogok dan tidak bisa digunakan. Nah, berikut ini beberapa tips dari Moladin.com yang bisa Anda terapkan agar kondisi motor tetap prima selama musim penghujan.

Periksa Kondisi Oli dan Filter Udara

Hal pertama yang perlu Anda periksa setelah menerobos genangan air yang cukup tinggi, adalah kondisi oli pada mesin motor. Periksa apakah terjadi perubahan warna pada oli atau tidak. Segera ganti oli mesin Anda jika terjadi perubahan warna oli untuk mencegah mesin rusak dan berakhir mogok. Hal ini bisa jadi sangat berbahaya bagi keselamatan Anda bila tidak ditangani segera. Perawatan motor sederhana seperti ini bisa menjaga kondisi motor Anda agar tidak mogok.

Selain kondisi oli, periksa pula filter udara yang ada di mesin. Bagian penyaring udara ini harus dijaga agar tetap kering  dan tidak boleh dibiarkan basah atau lembab. Periksa filter udara dan pastikan bagian tersebut tetap kering untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Bersihkan Kanvas dan Rem Cakram

Tips perawatan motor saat musim hujan selanjutnya adalah membersihkan bagian kanvas rem serta rem cakram. Kanvas rem terbuat dari bahan asbes yang akan menggelembung bila terendam air. Hal ini akan menyebabkan rem menjadi keras dan sulit digunakan. Cara mengatasinya mudah saja, injak pedal rem setelah motor terkena hujan atau terendam banjir. Trik ini akan membuat kanvas rem cepat kering dan tidak mengeras atau menggelembung.

Anda juga perlu membersihkan bagian rem cakram setelah menerobos genangan banjir. Bagian rem cakram ini memang terbuka dan rentan dimasuki air juga kotoran lainnya. Sehingga berisiko membuat rem tidak bekerja dengan maksimal. Pastikan Anda membersihkan bagian rem cakram hingga kering agar tidak terjadi rem macet saat motor digunakan.

Pastikan Knalpot dan Busi Tetap Kering

Bagian vital lainnya yang perlu Anda perhatikan dalam perawatan motor saat musim hujan adalah knalpot dan busi. Keringkan bagian busi dan kabelnya dengan menggunakan lap untuk memastikannya tetap kering. Jika tidak, busi yang basah akan menghambat proses pemanasan mesin saat dinyalakan.

Tidak hanya busi, knalpot juga tak kalah krusial untuk dijaga agar tetap bersih dan kering. Bila ada air yang masuk ke dalam knalpot, Anda bisa mengeluarkannya dengan mengengkol motor dalam keadaan kunci kontak off. Knalpot yang basah bisa berakibat fatal tidak hanya untuk keawetan motor Anda, namun juga keselamatan Anda sendiri.

Cuci Motor dengan Rutin

Tips perawatan motor terakhir ini mungkin terdengar klise, bahkan terasa sia-sia jika dilakukan di musim hujan. Meski begitu, menjaga bodi motor agar tetap bersih dapat membantu menjaga kondisi motor agar tetap awet dan prima. Air hujan dan genangan banjir mengandung asam yang bisa menyebabkan korosi pada kerangka dan rantai motor. Anda juga bisa melakukan penyervisan berkala untuk memastikan kondisi mesin motor dalam keadaan baik.

Bagaimana apa Anda terbantu dengan tips perawatan motor di atas? Anda bisa mengecek kondisi oli dan filter udara, membersihkan kanvas rem dan cakram serta mematikan busi dan knalpot tetap kering agar motor Anda tetap prima selama musim penghujan. Jangan lupa cuci motor secara berkala untuk menjaga kondisi bodi motor tetap bagus.