Apa Sih Kartu Tanda Mahasiswa Itu
Others

Apa Sih Kartu Tanda Mahasiswa Itu? Ini Penjelasannya!

Apa yang akan Anda lakukan setelah selesai dari SMA? Apakah ingin bekerja atau ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang selanjutnya? Anda sudah harus menentukannya dari sekarang. Ketika anda lebih memilih untuk melanjutkannya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi maka dari sekarang tentukanlah jurusan apa yang anda inginkan.

Selain memilih jurusan yang tepat, pemilihan universitas juga sangat penting. Pilihlah universitas yang mampu menunjang kegiatan belajar anda dengan baik. Andabjuga harus melihat apakah universitas tersebut memiliki sarana dan prasarana yang baik, karena hal itu sangat anda perlukan untuk hasil belajar yang  maksimal.

Lalu apakah anda seorang mahasiswa baru? Apakah anda sudah memiliki kartu tanda mahasiswa atau KTM? KTM itu seperti KTP anda ketika berada di lingkungan kampus. Kartu tersebut merupakan identitas anda sebagai mahasiswa dalam suatu kampus.

Apa yang Dimaksud dengan Kartu Tanda Mahasiswa?

Selesai anda melewati pengenalan berada di kampus sebagai mahasiswa baru maka setiap mahasiswa berhak menerima hak-hak mereka, seperti mengikuti kegiatan akademik, dapat mengakses fasilitas kampus, juga mendapatkan almamater kampus, serta memiliki  KTM.

Kartu Tanda Mahasiswa adalah sebuah kartu identitas elektronik bagi seluruh mahasiswa yang terdaftar disebuah perguruan tinggi.  Kartu ini memiliki beberapa fungsi dimana setiap mahasiswa nantinya Alan dapat menggunakan KTM sebagai kartu untuk kegiatan akademik maupun non akademik kampus seperti digunakan sebagai alat absensi, transaksi non tunai,maupun untuk transaksi di Foodcourt yang terdapat di kampus.

Walaupun terkadang banyak yang berpikir bahwa kegunaan KTM ini tidaklah sepenting KTP dan SIM, namun ketika hilang maka mengurusnya akan sulit Dan akn membuang banyak waktu.

Fungsi Kartu Tanda Mahasiswa

Keberadaan KTM ini begitu diperlukan karena sangat membantu mahasiswa selama menjalani perkuliahan. Kartu ini memiliki dua fungsi yaitu sebagai rekening tabungan (ATM) dan sebagai kartu untuk kegiatan akademik maupun non akademik kampus, atau bisa anda gunakan jika ingin meminjam buku di perpustakaan.

Kartu tanda mahasiswa (KTM) tidaklah sekadar kartu identitas bagi mahasiswa suatu universitas. Namun KTM sudah menjadi kartu multifungsi. Oleh sebab itu, setiap mahasiswa diwajibkan untuk memiliki KTM tersebut dan selalu membawanya agar bisa terus menikmati banyak keuntungan dan manfaat baik anda yang kuliah di perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta. Fungsi dari kartu tanda mahasiswa yaitu sebagai berikut:

  • Digunakan sebagai kartu identitas bahwa yang bersangkutan aktif sebagai mahasiswa di universitas tersebut..
  • Kartu in dapat diaktifkan menjadi sebuah tiket elektronik untuk transportasi.
  • Dapat juga diaktifkan menjadi kartu debet ATM pada bank bersangkuta.
  • Merupakan sebagai salah satu syarat jika ingin mendaftar kejuaraan, perlombaan, atau kompetisi lainnya.
  • Sebagai salah satu syarat juga jika anda ingin mengajukan beasiswa atau pengajuan administrasi lainnya.
  • Atua jika anda ingin meminjam atau untuk rental VCD/DVD serta keperluan pinjam-meminjam lainnya anda dapat menggunakan kartu ini.
  • Sebagai salah satu syarat yang diperlukan untuk menjalani prosesi upacara wisuda.
  • Selain sebagai identitas mahasiswa, KTM ini juga dapta digunakan antara lain sebagai syarat  mengambil kartu perpustakaan, maupun bebas biaya parkir di universitas anda berada.

Ini merupakan manfaat yang sangat penting yang anda harus nikmati selama anda kuliah. Cukup membantu dan mempermudah anda dalam melanjutkan pendidikan kuliah. Demikianlah beberapa informasi mengenai kartu tanda mahasiswa serta beberapa manfaat yang akan anda peroleh ketika memiliki kartu ini.