Asus Fonepad 7 K012
Gadget

Asus Fonepad 7 K012, Si Layar Lebar Dengan Waktu Standby Tahan Lama

Asus, merupakan salah satu vendor asal Tiongkok yang sudah lama mengepakkan sayapnya di pasar Indonesia. Hanya saja, akhir-akhir ini produk besutannya semakin meredup sinarnya akibat banyaknya vendor lain yang menawarkan berbagai keunggulan fitur disertai dengan keterjangkauan harganya. Meskipun demikian vendor asing ini terus meluncurkan produk-produknya untuk bisa tetap menaikkan karir. Salah satu produk yang diluncurkan adalah Asus Fonepad 7 K012 yang ditawarkan dengan harga satu jutaan rupiah saja.

Detail K012

Meskipun terbilang cukup murah, namun spesifikasi yang ditawarkan oleh Fonepad 7 K012 termasuk lumayan. Dengan desain menggunakan plastic sebagai bahan pembuat casingnya, tablet ini dikeluarkan dengan empat varian warna yaitu biru, hitam, merah dan putih. Memiliki layar berukuran 7 inci, smartphone ini sangat longgar untuk digunakan beraktivitas. Hanya saja, dimensi 192 x 110 x 10,7 dan rasio 16:9 memang terbilang cukup besar dan sulit untuk digenggam hanya dengan satu tangan saja.

Spesifikasi Lengkap

Layar yang ada pada smartphone ini sudah menggunakan layar sentuh kapasitif dengan kapasitas warna 16 juta warna. Memiliki resolusi 600 x 1024 piksel dan kerapatan 170 agaknya memang sedikit kurang tajam dalam penampilan warna. Terlebih lagi, belum dilengkapi dengan lapisan anti gores, mengakibatkan pengguna harus lebih hati-hati terhadap layarnya. Apalagi, layar yang ada sangat lebar jadi kemungkinan untuk pecah atau retak lebih tinggi. Namun demikian, pengguna bisa memasangkan tempered glass untuk melindungi layar dari kerusakan.

Pada interface, OS yang digunakan memang tergolong jadul yaitu masih menggunakan android 4.3 jelly bean. Jelas dengan penggunaan OS ini beberapa fitur terkini tidak akan bisa dinikmati melalui smartphone satu ini. Untuk chipset yang digunakan menggunakan intel atim Z2520 ditemani dengan CPU Dual core 1,2 GHz. Performa dapur pacu ini juga dilengkapi dengan RAM sebesar 1 GB dan dua kapasitas memori internal yang bisa dipilih yaitu sebesar 4 GB atau 8 GB. Meskipun bisa diperbesar dengan microSD sampai dengan kapasitas 64 GB, baik RAM ataupun memori internal, bisa dikatakan cukup kecil dibandingkan dengan smartphone yang saat ini bisa mencapai 2 hingga 5 kali lipat dari Fonepad 7 K012 ini.

Pada sektor kamera, kualitas lensa yang diberikan juga masih sangat mengecewakan. Hanya berkonfigurasi 2 MP saja untuk kamera belakang dan kamera depan masih VGA. Jelas, masih sangat kurang memuaskan untuk bisa digunakan sebagai alat mengabadikan moment. Kualitas kamera yang diberikan nampaknya jauh tertinggal dari vendor lain yang mampu menyuguhkan konfigurasi lebih besar disertai dengan fitur-fitur andalan terkini meskipun harganya nyaris sama atau bahkan banyak yang lebih murah.

Pada sisi sensor yang ada, smartphone ini baru dilengkapi dengan sendor accelerometer dan sensor kedekatan saja. Untuk sensor lain yang tengah digandrungi masyarakat seperti sensor pemindai sidik jari, sensor gyro dan sensor pengenal wajah nyatanya belum ditanamkan dalam smartphone ini. Padahal, kelengkapan sensor ini mampu menjadi daya tarik tersendiri untuk konsumen yang ingin membeli gadget.

Kualitas jaringan yang disupport pada Fonepad 7 K012 ini juga masih sebatas 3G belum 4G LTE. Meskipun jaringan 3G termasuk jaringan dengan akses internet cepat, akan tetapi kecepatan akses ini masih kalah dengan jaringan 4G LTE. Hal ini semakin menjadikan smartphone ini tampak ketinggalan jaman dan kurang mendukung untuk penggunaan akses internert. Padahal, saat ini masyarakat sangat senang sekali beraktivitas menggunakan internet. Masyarakat lebih senang menggunakan sosial media seperti watshap, Instagram ataupun facebook dibandingkan dengan sms atau telephon biasa untuk berkomunikasi dan bertukar informasi. Hal ini jelas harus terdukung dengan adanya konektivitas internet yang memadai.

Kabar gembira dari smartphone berlayar lebar ini adalah daya baterai yang ditancapkan termasuk berkapasitas besar sehingga awet untuk digunakan. Dengan kapasitas 3910 mAh diklaim mampu standby selama 619 jam dan bisa digunakan untuk melakukan panggilan sampai dengan 30 jam. Waktu siaga yang cukup lama, apakah tertarik untuk memiliki smartphone ini? Demikian adalah spesifikasi dari Asus Fonepad 7 K012 yang ciamik.