Cara Menulis Informasi dari Internet ke Daftar Pustaka
Others

Cara Menulis Informasi dari Internet ke Daftar Pustaka

Perkembangan zaman semakin memudahkan seseorang dalam melakukan pekerjaan atau kegiatan sehari-hari. Termasuk ketika seseorang ingin melakukan penelitian atas berbagai macam hal yang dibutuhkan. Bila kamu salah satu orang yang sedang membuat sebuah penelitian, informasi di internet sangat membantumu untuk mendapat berbagai macam informasi yang bisa dijadikan sebagai referensi, bukan? Nah, semua referensi tersebut wajib kamu cantumkan dalam salah satu bagian di laporan penelitian, yaitu daftar pustaka.

Daftar pustaka yang baik tentu saja berisi data dan cara penulisan yang sesuai dengan kaidahnya. Saking banyaknya informasi dari internet yang bisa kamu dapat, kamu mungkin sering berpikir informasi mana yang memiliki kualitas yang baik. Jangan sampai informasi yang kamu dapat dari internet dan kamu jadikan referensi justru berasal dari sumber yang tidak terpercaya dan tidak terbukti kualitasnya. Maka dari itu penting bagi kamu untuk memilih dan memilah informasi mana yang cukup kredibel untuk dijadikan bahan referensi.

Menulis daftar pustaka dari informasi yang ada di internet

Seperti jenis daftar pustaka yang lain, kamu bisa menuliskannya sesuai dengan kaidah tertentu. Kami kutip dari laman web daftarpustaka.org dijelaskan bagaimana cara menulis daftar pustaka dari referensi internet dalam lima cara.

  • Email

Cara menulis daftar pustaka yang referensinya didapat dari email adalah sebagai berikut. Pertama, tuliskan nama lengkap pengirim. Selanjutnya, tuliskan judul informasi yang kamu dapat dari email. Setelah itu, jangan lupa untuk mencantumkan alamat email yang digunakan oleh pengirim. Data terakhir, tuliskan pula tanggal kamu mengakses informasi tersebut. Contoh: Punjabi, Manoj. “Cara Menulis Daftar Pustaka”. [email protected] (diakses pada 10 April 1997)

  • MHRA

MHRA merupakan singkatan dari Modern Humanities Research Association. Menurut MHRA, cara menulis daftar pustaka terdiri dari: nama, “judul artikel”, deskripsi, tanggal artikel dimuat, <alamat website> [diakses pada tanggal]

  • APA

APA atau America Phsycological Association menyebutkan cara menulis daftar pustaka terdiri dari: nama web, tanggal artikel dimuat dalam website tersebut, judul artikel, waktu akses, alamat web.

  • CSE

Selain beberapa cara di atas, CSE atau Council of Science Editors juag menyediakan pilihan penulisan daftar pustaka, yaitu: nama web, judul artikel [internet], tanggal artikel dimuat, waktu akses (tanggal akses), alamat web.

  • MLA

Cara penulisan daftar pustaka yang terakhir, yaitu berasal dari MLA atau Modern Language Association. Cara menuliskannya, yaitu: “judul artikel”. Nama web. Tanggal artikel dimuat. Waktu akses. Alamat web.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menulis daftar pustaka sesuai dengan ketentuan. Sebenarnya, menulis daftar pustaka bukanlah suatu hal yang sulit untuk dilakukan. Kamu hanya perlu belajar tentang urutannya dan berlatih agar tidak salah dalam menuliskan daftar pustaka.