Kabel Listrik NYCY
Others

Definisi 7 Jenis Kabel Listrik

Kabel listrik memiliki banyak sekali jenisnya, 5 jenis dasar kabel listrik yang dibalas sebelumnya belum mencakup semuanya. Ada sekitar 7 jenis kabel listrik lagi dari total 12 jenis kabel listrik yang ada. Kabel-kabel listrik yang akan dibahas dalam postingan ini bisa dibilang memiliki fungsi yang lebih spesifik lagi. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya:

  • Kabel Listrik NYCY

Kabel jenis ini bisa digunakan di dalam ruangan maupun di luar ruangan, NYCY pun diklaim merupakan salah satu jenis kabel yang kuat dengan pelindung yang terbuat dari pita CU kabel. NYCY juga cocok digunakan di berbagai cuaca.

  • Kabel Listrik BC

Ukuran kabel ini yaitu antara 6 mm hingga 500 mm. Ukurannya yang tebal itu membuatnya cocok digunakan di bawah tanah, atas tanah, maupun pada gedung dan bangunan tinggi. Bahkan kabarnya, kabel ini bisa menjadi kabel penangkal petir yang sangat baik.

  • Kabel Listrik AAAC

Berbeda dengan kabel-kabel yang sebelumnya dijelaskan, kabel listrik jenis ini terbuat dari aluminium, magnesium, dan silikon. Dengan konstruksi kuat seperti itu, kabel ini pun menjadi sangat awet dan tahan lama. Terlebih lagi, kabel ini juga bisa menangkal petir dengan baik.

  • Kabel Listrik ACSR

Kabel yang satu ini biasanya digunakan di saluran translisi bertegangan tinggi. Dengan inti yang terbuat dari kawat baja dan bahan aluminium, kabel ini cocok digunakan untuk berbagai kebutuhan listrik yang menggunakan tegangan tinggi.

  • Kabel Listrik ACAR

Fungsi kabel listrik ACAR tidak jauh berbeda dengan kabel listrik ACSR. Meskipun demikian kabel listrik jenis ini diklaim memiliki kualitas yang lebih bagus lagi karena memiliki konstruksi kabel yang lebih kuat dengan bahan logam campuran.

  • Kabel Listrik NYMHYO

Kabel listrik ini memiliki lebih dari dua serabut dan banyak digunakan di peralatan-peralatan elektronik. Meskipun demikian, perlu digarisbawahi di sini jika penggunaannya lebih ditekankan pada alat elektronik yang memerlukan arus rendah. Misalnya saja yaitu soundsystem, loud speaker, peralatan audio video hingga berbagai rangkaian elektronika yang sederhana. Sementara itu, kualitasnya pun bermacam-macam: ada tembaga murni dan ada tembaga campuran. Yang terbuat dari tembaga murni tentu memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan yang terbuat dari tembaga campuran.

  • Kabel Listrik NYMHY/NYYHY

Kabel listrik jenis ini biasanya digunakan untuk keperluan-keperluan di rumah tangga kecil atau yang tidak membutuhkan terlalu banyak aliran listrik, atau yang tidak membutuhkan lebih dari 900 watt. Oleh karena itu, jika sekiranya Anda membutuhkan daya listrik yang besar, lebih besar dari 900 watt, sebaiknya Anda tidak memilih kabel jenis ini untuk digunakan karena tidak cocok dan justru malah bisa menjadi berbahaya. Untuk daya listrik di atas 900 watt, Anda bisa menggunakan kabel NYM dan sejenisnya yang mendukung.

Setelah mengetahui penjelasan masing-masing jenis kabel, pasti sudah jelas bagi Anda untuk tidak sembarangan memilih jenis kabel untuk digunakan. Masing-masing kabel bisa memiliki spesifikasi dan kualifikasi yang berbeda. Akan sangat berbahaya jika Anda menggunakan kabel yang salah untuk alat yang salah karena akan menyebabkan korslet, atau malah berujung bahaya. Penting bagi Anda untuk melakukan riset terlebih dahulu sebelum membeli kabel listrik atau bertanya pada ahlinya. Penting juga bagi Anda untuk membeli produk melalui distributor kabel listrik yang terpercaya untuk menghindari kekecewaan atau hal-hal yang tidak diinginkan.