menu diet vegan untuk jerawat menu vegetarian seminggu
Kesehatan

Ingin Tubuh Ideal? Konsumsilah 5 Sayuran untuk Diet Ala Vegetarian

Menu makanan yang lezat pasti menggugah selera dan rasanya ingin selalu menikmatinya. Akan tetapi, hal itu tak berlaku untuk Anda yang sedang diet. Menu makan ala vegetarian adalah suatu rutinitas. 7 jenis sayuran untuk diet ini mengandung banyak serat akan membantu merasa kenyang lebih lama. Nutrisinya juga memadai dan tentunya aman.

  • Selada

Pasti Anda sudah sangat familiar dengan selada, bukan? Sayuran yang satu ini kerap kali muncul sebagai lalapan ataupun sayuran dalam hidangan daging, burger, dan sebagainya. Sayuran berwarna hijau ini terbukti rendah kalori serta rendah karbohidrat, sehingga sangat pas untuk menu diet.

Selada juga kaya nutrisi, seperti kalium, folat, kalsium, zat besi, dan vitamin. Kandungan seratnya yang memadai juga mendukung program diet karena memberikan rasa kenyang yang cukup lama. mengonsumsi selada juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Untuk mengonsumsi selada, Anda bisa membuat salad sayur, lalapan, atau merebusnya.

  • Bayam

Bayam adalah salah satu rumpun sayuran hijau yang terkenal dengan nutrisinya. Sayuran sehat dengan serat tinggi, zat besi, vitamin A dan K, zat antioksidan, serta berbagai jenis mineral ini juga termasuk menu diet unggulan.

Bagi Anda yang menjalani program diet, mengonsumsi bayam bisa memberikan asupan tenaga dan nutrisi yang memadai, tanpa penambahan kalori tinggi. Terdapat banyak cara untuk mengonsumsi si hijau ini. Untuk menu diet, Anda bisa membuatnya menjadi salad, sayur bening, keripik bayam, ataupun membuatnya menjadi smoothies.

  • Brokoli

Sama seperti sayuran untuk diet lainnya, brokoli mempunyai serat tinggi, sehingga dipilih menjadi salah satu menu diet sehat. Rasa kenyang dapat bertahan lebih lama dengan mengonsumsi brokoli. Selain itu, karbohidrat kompleks yang terkandung di dalamnya mampu memenuhi nutrisi yang diperlukan tubuh, namun tidak berlebihan jumlah kalorinya.

  • Sawi Putih

Sawi putih atau sawi cina mengandung berbagai jenis mineral, di antaranya kalium, magnesium, dan kalsium. Vitamin A, C, dan K juga terkandung di dalamnya dan siap menutrisi tubuh. kandungan seratnya juga tinggi, sehingga bisa dijadikan menu diet sehat yang juga rendah kalori.

  • Rumput Laut

Pernahkah Anda makan rumput laut? Rumput laut dianjurkan menjadi salah satu menu diet sehat karena mengandung serat tinggi dan rendah kalori. Berbagai macam vitamin, mineral, dan zat besi juga terkandung di dalamnya. Asam lemak omega-3 juga mampu mencegah lemak jahat, sehingga berguna untuk menurunkan berat badan menjadi ideal.

Itulah beberapa jenis sayuran sehat yang pas untuk menu diet. Anda dapat mengonsumsinya secara rutin untuk memperoleh hasil optimal. Tak hanya punya berat badan ideal saja, kesehatan tubuh pasti akan terjamin. Sebagai saran, Anda dapat bergantian untuk mengonsumsi sayuran untuk diet tersebut agar tidak merasa bosan.