Tanda Anda Mengalami Kontraksi Palsu
Kesehatan

Jangan Panik, Ini 5 Tanda Anda Mengalami Kontraksi Palsu

Sebagai ibu hamil, Anda harus tahu bahwa kontraksi yang terjadi bisa digolongkan menjadi dua tipe, yaitu kontraksi asli dan kontraksi palsu. Berbeda dengan kontraksi asli, kontraksi yang palsu bukanlah pertanda saatnya Anda untuk melahirkan si buah hati. Agar tak keburu panik karena merasa belum waktunya bayi untuk lahir ke dunia, kenali 5 tanda dari kontraksi palsu berikut ini.

  • Rentang Waktu Antar Kontraksi yang Tak Beraturan

Ciri utama kontraksi palsu ini adalah dengan terjadinya kontraksi satu dengan kontraksi lainnya secara tak beraturan rentang waktunya. Kondisi ini sangat berbeda dengan kontraksi asli yang rentang waktunya sudah memiliki durasi yang tetap.

  • Kontraksi yang Anda Rasakan Tak Terjadi Berkelanjutan

Kontraksi asli ditandai dengan intensitasnya yang makin meningkat seiring dengan semakin dekatnya waktu melahirkan. Hal ini berbeda sekali dengan kontraksi yang palsu, yang bisa tiba-tiba saja hilang rasa sakitnya. Kontraksi yang palsu umumnya bertahan selama 30 hingga 60 detik. Namun, tak jarang juga kontraksi ini dirasakan oleh ibu hamil selama 2 menit bahkan juga lebih.

  • Rasa Sakit Kontraksi yang Menyerupai Nyeri Menstruasi

Rasa nyeri yang disebabkan oleh kontraksi yang palsu umumnya akan terasa sama dengan sakit perut kala menstruasi. Rasa sakit tersebut berpusat di area perut bagian depan. Kondisi ini berbeda dengan rasa sakit yang muncul saat kontraksi asli. Saat sudah datang waktunya untuk melahirkan, maka rasa sakit akan bermula dari bagian belakang tubuh, lalu berpindah ke bagian depan.

  • Rasa Sakit Akibat Kontraksi Bisa Hilang Saat Berganti Posisi

Jika Anda tiba-tiba merasakan kontraksi padahal belum dekat waktu lahiran yang diperkirakan, coba ganti posisi Anda. Misalnya, saat Anda sedang duduk, langsung ganti posisi menjadi tiduran. Jika kontraksi yang Anda rasakan hilang, berarti Anda mengalami kontraksi yang palsu. Kontraksi asli akan tetap bisa dirasakan, walau Anda sudah berganti ke berbagai macam posisi sekalipun.

  • Kontraksi Tak Menimbulkan Rasa Nyeri atau Sakit

Anda mengalami kontraksi, namun Anda sama sekali tak merasakan sakit? Bisa jadi, kontraksi yang Anda rasakan adalah kontraksi yang palsu. Jika Anda mengalami kontraksi asli, maka Anda akan merasa sakit terutama di bagian belakang atau punggung Anda. Rasa sakit ini pun makin meningkat intensitasnya, seiring dengan makin dekatnya waktu Anda untuk melahirkan si buah hati.

Jangan langsung panik saat kontraksi terasa, padahal belum mendekati waktu melahirkan yang diperkirakan. Bisa jadi, kontraksi yang Anda rasakan tersebut adalah kontraksi palsu. Anda bisa mengenali kontraksi yang palsu ini, dari 5 tandanya yang telah dipaparkan di atas. Kelelahan bisa jadi salah satu faktor mengapa Anda mengalami kontraksi yang palsu ini saat tengah berbadan dua.