Macam-Macam Bahan Strap Bagi Pecinta Jam Tangan
Lifestyle

Macam-Macam Bahan Strap Bagi Pecinta Jam Tangan

Memakai jam tangan menjadi salah satu cara bagi seseorang untuk tampil lebih modis dan trendi. Ada pula yang menggunakan jam tangan karena memang butuh untuk selalu melihat waktu. Hal tersebut membuat jam tangan tidak bisa dipilih secara sembarang, karena tanpa sadar jam tangan yang kamu kenakan akan menampilkan kepribadianmu. Inilah mengapa, strap atau tali jam tangan juga dibuat dengan berbagai macam model, bahan, dan tampilan. Misalnya saja strap jam tangan produksi Peter Gani, yang meskipun hanya membuat strap tetapi berbagai aspek ia pikirkan sehingga menghasilkan strap yang menarik dan sesuai keinginan pelanggan.

Bahan-Bahan Untuk Strap Jam Tangan yang Umum Ada

  • Strap dari kulit

Bahan kulit adalah yang paling umum digunakan untuk pembuatan strap. Bahan ini sudah ada sejak dahulu kala sampai sekarang, dengan peminat yang juga tidak ada habisnya. Strap kulit sangat populer karena cenderung awet dan memiliki kesan yang lebih klasik, stylist, serta nyaman digunakan.

Kulit yang digunakan biasanya adalah kulit sapi, tetapi ada pula strap dari kulit buaya yang harganya lebih mahal dan memiliki kesan mewah tersendiri. Salah satu pembuat strap kulit terkenal, yaitu Peter Gani atau Peter Gunny dengan toko produksi Gunny Store, bahkan mampu bekerja sama dengan produsen jam tangan kelas dunia. Hal ini tentu menekankan bahwa strap kulit sampai sekarang masih menjadi jenis yang banyak disukai dan diincar para pecinta jam tangan.

  • Strap nilon

Apabila kamu suka strap yang lebih ringan, bahan nilon akan lebih direkomendasikan. Strap dari nilon biasanya lebih sering dipakai anak muda, karena warnanya yang lebih bervariasi dan kesan playfull yang ditampilkan. Harganya pun relative terjangkau dibandingkan strap kulit yang memang mahal. Strap nilon juga mudah dibersihkan dengan air, dan cocok digunakan untuk aktivitas outdoor maupun indoor.

  • Strap berbahan metal

Selain kulit, strap metal juga sangat sering dijumpai. Strap jenis ini lebih sering terlihat digunakan oleh para pekerja kantoran, atau yang sering menghadiri acara resmi. Hal ini karena memang kesan yang diberikan membuat tampilan seseorang menjadi lebih elegan dan berwibawa.

Namun, strap jenis ini memiliki banyak kekurangan. Seperti terlalu berat atau membebani pergelangan tangan, warna yang terbatas, dan mudah sekali menyerap suhu di sekitar. Hal ini membuat strap akan terasa panas jika digunakan di luar ruangan dengan kondisi cuaca terik, begitu juga jika cuaca sedang dingin, strap akan sangat terasa dingin.

  • Strap berbahan rubber

Sporty, playfull, dan kasual adalah tiga kata yang menggambarkan pengguna jam tangan dengan strap karet. Dikarenakan bahannya ringan, strap karet cocok untuk digunakan ketika sedang beraktivitas berat seperti mendaki, olahraga, atau kegiatan lain yang membuatmu harus aktif. Warnanya pun beragam, dan sangat menarik. Hanya saja kurang cocok digunakan untuk acara resmi.