Travelling Penuh Resiko? Siapa Takut!
Travelling

Travelling Penuh Resiko? Siapa Takut!

Travelling memang kadang-kadang membuat kira sedikit merasa takut. Mengapa demikian? Ya, wajar saja. Kita mengunjungi tempat baru, bertemu tempat baru, dan tidak tahu apa-apa tentang tempat yang kita tuju, terutama untuk hal-hal yang urgen seperti masalah kecelakaan, kehilangan barang, dan lain sebagainya. Tapi, di situ serunya ‘kan?

Nah, sekarang ini banyak negara yang mewajibkan turis memiliki asuransi perjalanan sebelum tiba di negara tersebut. Negara-negara di Eropa dan Amerika khususnya, negara-negara tersebut sudah pasti mewajibkan wisatawan yang berkunjung ke negara mereka untuk punya asuransi perjalanan.

Mengenal Asuransi Kesehatan Untuk Travelling

Ada beberapa hal yang wajib anda ketahui mengenai asuransi kesehatan travelling ini. Jenis asuransi perjalanan mencakup banyak jenis, yang paling umum adalah internasional. Asuransi ini melindungi wisatawan dari risiko medis dalam kurun waktu yang ditentukan.

Ada pula asuransi wisata tahunan, yang mengcover perjalanan domestik maupun internasional dengan berbagai keperluan sepanjang tahun. Ada perusahaan yang menyediakan asuransi khusus haji dan umrah, serta asuransi domestik yang melindungi seluruh perjalanan di Indonesia.

Terdapat pula asuransi jenis student assist yakni asuransi khusus mahasiswa yang menjalani pendidikan di luar negeri. Cara mendaftar asuransi perjalanan Kini, Anda tak perlu datang ke kantor asuransi hanya untuk mendaftar travel insurance.

Untuk mendapat asuransi kesehatan travelling caranya cukup mudah. Anda tinggal masuk ke sebuah situs asuransi perjalanan tersebut, mengisi data diri, negara tujuan dan lamanya perjalanan. Anda bisa memilih asuransi dengan jenis yang paling cocok untuk menjaga perjalanan wisata anda.

Anda bisa menggunakan kartu kredit untuk pembayaran premi asuransi.  Premi asuransi wisata yang dikeluarkan untuk asuransi travel cenderung kecil dibanding total biaya perjalanan. Tidak sampai satu persen dari biaya perjalanan anda nantinya.

Pada umumnya asuransi perjalanan menanggung biaya medis wisatawan selama berada di luar negeri. Namun juga terdapat ada beberapa premi tambahan yang bisa dibeli untuk perlindungan lainnya.

Banyak penumpang pesawat yang mengeluh soal kehilangan bagasi. Banyak pula maskapai yang tidak mengganti rugi atau hanya mengganti sebagian kecil dari barang yang hilang. Dengan premi tambahan dari asuransi perjalanan, anda akan mendapatkan ganti rugi jika koper hilang.

Ada juga terdapat polis wisata yang memberi perlindungan terhadap rumah. Untuk kasus terorisme menggurita di beberapa negara. Mulai dari penembakan di Paris, kudeta di Turki, sampai kasus di Jerman beberapa hari lalu. Tak banyak yang tahu, asuransi perjalanan juga melindung dari risiko-risiko teror semacam ini.

Kalau negara tujuan wisata cenderung tidak aman atau berbahaya, anda bisa mengajukan ke perusahaan asuransinya untuk premi extend atau tambahan. Anda perlu membayar biaya tambahan untuk premi satu ini.

Sama seperti premi tambahan terhadap perlindungan rumah yang ditinggalkan selama berlibur. Perusahaan asuransi yang menyediakan asuransi travel biasanya telah bekerjasama dengan biro perjalanan memiliki kesepakatan atau pemikiran yang sama.

Agen asuransi perjalanan tidak mungkin menjual destinasi wisata untuk negara yang tidak aman. Maka mayoritas asuransi yang digunakan tidak termasuk premi tambahan. Namun pada kasus terorisme yang marak beberapa waktu belakangan, ada baiknya premi satu ini ditambahkan jika anda ingin traveling ke Eropa.

Cara klaim asuransi perjalanan memiliki proses pengambilan dana atau penggunaan asuransi terbagi dalam dua skema. Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah apabila perusahaan tersebut termasuk dalam worldwide provider.

Misal saja saat terjadi kecelakaan, yang harus anda lakukan adalah menunjukkan asuransi tersebut kepada pihak rumah sakit. Namun tidak semua perusahaan asuransi menyediakan ini. Apabila jatuh sakit atau mengalami kecelakaan, anda bisa berobat terlebih dahulu di negara tersebut.

Anda harus meminta surat keterangan dari dokter sebagai bukti saat anda mengajukan klaim di Indonesia. Sebelum membeli produk asuransi perjalanan, teliti dulu semua fasilitasnya. Anda harus memperhatikan berapa dana tanggungan dari perusahaan tersebut, berapa lama dan di negara mana saja asuransi berlaku, serta cara klaim yang berlaku.

Segala kemudahan dan kenyamanan wisata serta perjalanan membuat banyak orang selalu mengalokasikan waktu untuk bepergian dan travelling. Namun anda tentunya harus mengutamakan perlindungan diri saat melakukan perjalanan. Salah satunya yaitu dengan membeli asuransi kesehatan travelling. Semoga bermanfaat.